[Emonifoodie][main dishes]: Sup Ayam :D



A life learner....Books, movies, and glorious foods lover. Have a big dreams... but wanna \\\"bigger\\\" than her dreams.  A life learner... Love books, glorious foods, and great movies. Proud to be a woman, daughter, sister, and best friend. A dreamer! I am the one who want to be bigger than my dreams. Future researcher and writer.


English recipe can be accessed here

Aduuuh klasik banget hahahhaa, sup ayam oh sup ayam! siapa yang begitu bloonnya hingga tidak bisa membuat sup ayam? ahahaha, saya! :”D
Sup ayam bagi saya adalah makanan mengharukan karena Mama saya selalu membuat sup ayam ketika saya sakit. Selain itu, sup ayam juga selalu jadi menu utama ketika saya bertemu salah satu sahabat saya Tiko (thanks, sob 🙂 aren’t you miss me? ). Mungkin sup ayam itu yaaaa begitu-begitu aja, namun bagi saya sup ini rasanya luar biasa karena ada rasa kenangan di dalamnya #baper

Ngomong-ngomong tentang sup ya… sup yang bahasa Inggrisnya itu soup, bahasa perancisnya soupe, adalah salah satu makanan tertua di dunia (nah kan jadi agak pinter setelah membaca ini ahahaha). Dari yang saya baca, sup ini sudah ada di muka bumi sejak wadah ditemukan di dunia, yaiyalah….kalau gak ada wadah dimasaknya dimana fufufufufu :p

Sop itu dimana pun cara membuatnya hampir sama… yang berbeda itu ingredients-nya. Komposisi sup itu sesuai dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh negara yang bersangkutan. Take for example, di Indonesia sup kita bisa macam-macam ada tahu, ayam, telur, wortel, dsb…dsb…. Tapi kita tidak punya sup asparagus karena asparagus tidak tumbuh di Indonesia. Sup kita juga kaya rempah karena di masa lalu (dan hingga sekarang sih walah masih kurang efisien produksinya hiks) Indonesia terkenal sebagai salah satu penghasil rempah-rempah terbesar dan terbaik di dunia. Nah, jadi agak bangga makan sup ahahahaha :p kini makan sup gak sama lagi, kalian bisa pamer pas mesen sayur sop “Vroh! Tau gak ente… sop kite ini nih lambang kalau negeri kita kaya akan rempah” sedaaaaaap~~~ seperti biasa yang penting keliatan pintar ahahahaha *astagfirullah, riyaaaa :’D*

Puasa hari pertama, hmmm saya pikir sup ayam merupakan makanan yang paling ideal untuk memulai bulan puasa. Kenapa? Karena jika kalian tidak biasa sahur, sup yang hangat-hangat seru ini bisa mempersiapkan pencernaan kalian dengan lebih baik. Selain itu, masaknya juga cepat dan karena mudah bisa disimpan untuk buka. Selain itu gizinya cukup lengkap, ada vitamin, protein, mineral dalam satu mangkuk…. dan kayaknya yang agak mewah lah yaaaa…. Masa makan telur terus, ayam lah biar agak happy. So, what are you waiting for!

Saya percaya bahwa yang sebodoh saya juga banyak, masak sup pun bergantung pada bumbu instan AHAHAHAHAHAHA…. namun kali ini saya bertekad untuk jauh-jauh sementara dari bumbu instan untuk sementara waktu.

Okay langsung saja

Image and video hosting by TinyPic

Hasil jadi si Sup Ayam yang menghangati hati

Bahan-bahan:
Image and video hosting by TinyPic
* Ayam secukupnya :p (untuk yang berada di Jepang, ayam halal di Gyoumu supa minggu lalu turun harga loh jadi 645 yen/2kg hahahaha I don’t know today) kuncinya karena ayam ini juga untuk membuat kaldu, jadi semakin banyak ayamnya yaaaa semakin enak. Namun sesuaikan dengan budget ya 😀
*wortel, potong membulat
* kentang, kupas dan potong dadu
* bawang bombay potong memanjang
* bawang putih, memarkan lalu cincang kecil
* Jahe, memarkan. Bisa juga kalian potong kecil-kecil tapi seringkali jadi tertukar dengan kentang ketika di makan. Jika kalian sakit flu, atau punya penyakit flu berkepanjangan seperti saya…. perbanyak jumlah jahe 🙂 it helps!
* lada
*kayu manis
* garam

untuk pelengkap
* seledri, tentu harus dirajang halus 🙂
* bawang goreng

Eksekusi:
* dengan asumsi kalian sudah membersihkan ayam, maka rebus ayam dengan api kecil hingga setengah matang.

* Sambil menunggu, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Jika sudah, masukan si tumisan tersebut ke rebusan ayam.

* Masukan wortel, kentang, jahe, kayu manis,  plus lada dan garam secukupnya. Tunggu hingga matang.

* Sajikan, jangan lupa taburkan potongan seledri dan bawang goreng 🙂 makan selagi hangat

Tips:
Q: Loh kenapa kok sup ku jadinya butek ya,Mon?
A: hmmm… saya juga bertanya ke Mama saya. Katanya jika kalian ingin sup yang bening, kalian harus membersihkan lemak-lemak dari si ayam sebersih mungkin sehingga kaldu ayamnya nanti bisa bening. Ada juga beberapa kasus dimana orang memasukan kentang terlalu cepat, lalu merebus terlalu…. si kentang melembek, lalu hancur kemudian memperkeruh kuah sup. Namun percayalah daripada itu semua, yang penting inner beauty masakan kita.

Q: Kok rasanya tawar ya?
A: ahahahaha… :”D aduh gimana ya…. jika kalian ingin rasa yang lebih nendang bisa ditambah penyedap rasa sih :’) namun jika kalian idealis dan anti penyedap rasa bermainlah di kekentalan kaldu, garam, dan merica.

  • Kalian juga bisa menambahkan tahu, bakso, kacang kapri, atau telur puyuh rebus ke sup kalian….
  • Jangan memasak sayuran untuk sup kalian hingga terlalu lama. pemanasan yang terlalu lama merusak gizi di dalam sayuran. Jadi asal sudah gigit-able segera angkat ya.

That’s it 🙂
Enjoy Ramadhan with smile
Image and video hosting by TinyPic

 

Comments

Emonifoodie Ramadhan Special: If I can make it, you can make it better :)
[Emonifoodie] Happy Avocado with corn flakes :D

Leave a Reply

%d bloggers like this: