Aku untuk Ekonomiku…. Aku untuk Bangsaku…. (Terinspirasi dari kuliah Makroekonomi 2)



A life learner....Books, movies, and glorious foods lover. Have a big dreams... but wanna \\\"bigger\\\" than her dreams.  A life learner... Love books, glorious foods, and great movies. Proud to be a woman, daughter, sister, and best friend. A dreamer! I am the one who want to be bigger than my dreams. Future researcher and writer.


Ada banyak hal yang menggebu-gebu dalam hati M-on setelah 3 pertemuan kuliah Makroekonomi 2.
Banyaaaaaaak banget!

Pertama-tama terimakasih dulu deh buat dosen favorit M-on, Bapak Noer Azzam Achsani yang udah ngasih view yang berbeda mengenai perekonomian Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya ^^

Sebagai tanda terima kasih, M-on akan membahas mengenai kepribadian Pak Azzam pada posting-posting selanjutnya he1000000x ^^….

Jadi teringat…..

Bagi M-on masuk ekonomi itu kebetulan…

Gimana nggak?

Rencana M-on itu cuman ada 2 saat SMA, masuk ilmu Hukum atau Hubungan Internasional.

Nggak terlintas juga masuk IPB karena M-on pengen mandiri dan melanglang pergi jauh entah kemana….

Tapi bukankah yang namanya takdir gak bisa kita tebak dengan mudah?
And here I am! Di IPB, jurusan ilmu ekonomi.

Nggak terbayang juga akan ketemu ekonom dengan pemikiran luar biasa….

NGGAK PERNAH…. tapi M-on bersyukur Allah memilihkan jalan ini untuk M-on.

Banyak hal menarik yang M-on pelajari setelah kuliah Makroekonomi 2 dan ekonomi pembangunan…. dan itu mengubah semua pandangan M-on…. semua tujuan hidup M-on…. semua keegoisan M-on…. pokoknya semuanya…

Dari kuliah Makro M-on tahu bahwa perekonomian kita tuh cuman jadi maenannya negara-negara terbuka besar.

Masih banyak bukti ”penjajahan terselubung” yang dilakukan mereka kepada negara kita.

Apa sih yang salah?

Apakah SDM kita terlalu bodoh sehingga nggak bisa membuat negara kita semakin baik?

Atau kita terlalu manja dengan SDA yang kita punya?

Atau kita terlalu puas dengan apa yang telah kita dapatkan sekarang ini?

Apa yang salah????

Bayangkan….

Kita ini sudah bertahun-tahun lamanya terjebak dalam kebijakan-kebijakan World Bank, IMF, GATT, WTO….. tapi kita juga seakan-akan dipecundangi karena untuk sepenuhnya lepas dari mereka pun sulit banget.

Maaf gak ada penjelasan yang panjang lebar mengenai itu, kalian nggak mau blog ini jadi catetan mata kuliah kan???? Hiiiiiii ngeriiii T__T

M-on jadi berpikir, sampai kapan yah kita mau begini terus?

Banyak sekali SDM yang luar biasa cerdas di Indonesia ini, Pak Azzam mengatakan, mahasiswa biasa-biasa dari IPB bila di luar negeri bisa mendapat gelar cum laude bahkan summa cum laude. Jadi salah banget kalau SDM kita masih begitu rendahnya…

Coba liat baik-baik…. pemenang olimpiade fisika juga toh banyak yang dari Indonesia.

Hal ini juga jadi perdebatan cukup panjang saat kuliah ekonomi pembangunan.

Panjaaaaaaaaaang bangeeeeet…. sampe kuliahnya 2,5 jam (biasalah…ekonom itu kan harus jago ngomong dan jago nulis…)

Dan pada akhirnya disimpulkan yang salah di negara kita ini adalah SISTEM…

Loh sistem apa?

Ya macem-macem…. bagitu banyaknya sistem di negara kita, dengan ide dasar yang briliant tapi tidak diimplementasikan secara total dan menyeluruh.

Tapi yang mau M-on bahas adalah karena….

EKONOMI SUDAH DICAMPUR ADUK DENGAN POLITIK!

Politik bukan hal yang salah, tapi dia hanya akan benar saat dilakukan secara BERSIH!

Ekonomi bukan hal yang statis, tapi merupakan sebuah hal yang sangat dinamis…

Bila ekonomi terlalu dicampuraduk dengan politik maka pergerakan ekonomi kita akan sejalan dengan pergerakan politik.</sp

Comments

Alhamdulillah…akhirnya jadi asdos juga ^^
♥♥♥♥♥when I found you…♥♥♥♥♥

Comments

  1. wah, sukses aja deh ya….

Leave a Reply

%d bloggers like this: