Alhamdulillah…akhirnya jadi asdos juga ^^



A life learner....Books, movies, and glorious foods lover. Have a big dreams... but wanna \\\"bigger\\\" than her dreams.  A life learner... Love books, glorious foods, and great movies. Proud to be a woman, daughter, sister, and best friend. A dreamer! I am the one who want to be bigger than my dreams. Future researcher and writer.


Alhamdulillah…Thanks banget Ya Allah… M-on akhirnya resmi menjadi asisten dosen ekonomi umum mulai semester genap ini ^^ hue he100x…Photobucket

Pokoknya jangan tanya betapa bahagia dan bersyukurnya M-on… pokoknya huuuuuaaaaa…..perasaan yang mantab abis deh di dalam hati ini cie….cie…

Karena tepat saat menghadapi setiap seleksi yang ada, M-on tuh udah pesimis banget…banget…banget…. Kalian nggak akan pernah liat seorang M-on yang pesimis selain saat itu..tapi untungnya masih bisa jaga rasa percaya diri dan karena M-on yakin Allah yang nentuin segalanya, M-on maju terus pantang mundur walau nekadnya luar biasa he10000x…

Kalian tau nggak, rupanya yang namanya jadi asdos itu nggak segampang yang M-on kira… kebetulan rangkaian seleksi asdos di departemen ilmu ekonomi IPB emang gila-gilaan banget, ketat, menegangkan, pokoknya bikin nggak enak makan minum deh… nih yaaaaah 3 rangkaian seleksi asdos yang hampir bikin M-on masuk rumah sakit gara2 kena serangan jantung.

RANGKAIAN SELEKSI TAHAP 1. Seleksi Administrasi

Ini sih masih lumayan ece-ece tapi bohong he100000x….pada tahap ini kita cuman disuruh ngisi formulir ama ngumpulin transkrip terus nungguin dengan manis dan penuh harap kita lolos atau nggak! Awalnya M-on sih PD luar biasa dengan modal IP yang yaaaaaah bagus sih bagus tapi…. Arghhh…gak seindah di dunia mimpi deh.

Atmosfer persaingan mulai terasa karena rupanya yang daftar kebanyakan anak2 jenius yang punya IP di atas 3,5 semua….mampus gw…. Nggak salah gw ikutan daftar? Photobucket
Tapi dasar nekad, M-on sih cuek aja…ini masalah obsesi, masalah cita-cita, masalah keinginan, nggak ada kata mundur… Okeh… go ahead M-on… lu bisa!

SEMINGGU KEMUDIAN…. Dengan tidak percaya diri M-on males2 liat pengumuman dan eng-ing-eng—— taraaaaaaa……di mading ada tulisan “Berikut ini adalah nama-nama mahasiswa yang lulus seleksi tahap 1(seleksi administrasi) untuk menjadi asisten dosen ekonomi umum” dan….. taraaaaaaa…. Rupanya ada nama MARISSA MALAHAYATI NRP H14070052 tadinya nggak percaya, tapi karena ada NRP yang nomornya cantik itu M-on jadi percaya… Alhamdulillah…good job M-on!Photobucket

RANGKAIAN SELEKSI TAHAP 2. Tes Psikologi dan Tes Kepribadian

Penderitaan dan perjuangan nggak cuman sampe situ aja. Kami 43 orang yang beruntung lolos seleksi tahap 1 harus ikut seleksi tahap 2….dan apa kalian tau ? Dan ini tuh bener2 tes yang heboh…. Gimana nggak ? Di papan pengumuman ada pernyataan menjebak “Siapkan alat tulis Anda dan materi ekonomi umum untuk tahap seleksi selanjutnya” Waaaaah…. Langsung pada kena trik psikologis deeeh… 42 orang hebat plus 1 orang beruntung (yaitu seorang Marissa Malahayati) beranggapan tes kedua itu kayak UTS ato UAS… yaaaah ujian tertulis ekum gitu deeeh… dan jam 7 pagi teng-teng hari selasa tanggal 10 februari kami semua pun terkejut… karena yang ada adalah PSIKOTES DAN TES KEPRIBADIAN. Astagfirullah… Photobucketkacau banget deh… semuanya pada nyengir-nyengir kuda, terus yang ngawas tes cuman komentar “Tes ini niiih tes standar buat kalian masuk perusahaan manapun di Indonesia” mantap surantap… mau jadi asdos tesnya sekaliber mau masuk ASTRA ckkk…ckkk.ckkkk…

Hasilnya… bikin gila deeh, gara-gara tes itu M-on sampe berpikir kalo kepribadian M-on abnormal dan psikologi yang nggak normal juga! Huaaaa… pokoknya nggak akan tau rasanya kalo nggak langsung mengecapnya, yakinlah..percayalah…hua ha100x….Photobucket

Daaaaaan…pengumuman tes ini tuh terhitung cepet juga, soalnya jam 11 pagi tuh pengumuman udah keluar. M-on udah siap-siap pingsan Photobucket(siapa tau kecewa gara-gara nggak lolos seleksi) udah siap tisu siapa tau nangis bombay (ya Allah..lebay banget…nggak banget deeeeh…) M-on udah sampe ke kamar mandi tiga kali… aduuuh bisa grogi juga mahkluk ini! DAN..orang macam apa sih yang nggak ngeri pas liat di papan pengumuman cuman ada 23 orang yang lolos seleksi tahap 2 ? 23orang dari 43 ! Banyak juga kan yang keeliminasi… sedangkan kita semua sudah tau 42 orang selain si makhluk beruntung itu spesies-spesies yang akademisnya mantap… dan setengah diantara mereka keeliminasi? Gimana nggak gila tuh tes… untungnya…si manusia beruntung bernama Marissa Malahayati dengan NRP H14070052 itu kembali lolos seleksi tahap 2. Hua ha100x… Alhamdulillah.. sampe situ aja udah seneeeeeeng banget..banget…banget….Photobucket

Terus…terus…terus… yang menghebohkan lagi… di papan pengumuman tertulis “Tes seleksi tahap 3 akan dilaksanakan langsung pada HARI INI pukul xxx….bla..bla…bla…” APAAAAAA??? Hari ini??? Napas aja belum puas…. Huuuuaaaaa penderitaan apa lagi yang siap menghadang nih?Photobucket

RANGKAIAN SELEKSI TAHAP 3. Tes ngajar plus diwawancara dikit-dikitPhotobucket

Naaaah… ini yang menggila….menghebohkan…menakjubkan.. pokoknya di sini nih cerita yang paling seru!!! 20 orang plus 1 orang beruntung (memang minder banget sama 20 orang yang lolos seleksi tahap 2… mereka semua orang yang pinter2.. ramah…bae… nice…menyenangkan… keren deh pokoknya) mereka semua udah sedia catetan, slide, dan lain-lain yang berhubungan sama ekonomi umum. Lalu apa kabar makhluk beruntung yang cuman 1 orang itu? Oh.. M-on ya? Dia siiiih…. BENGONG… ya iyalaaaaah! M-on nggak bawa catetan secuil pun… siapa yang nyangka ada acara tes ngajar kayak gitu? Orang lain sih menyadari hal itu di jauh hari… M-on ??? Mana peduli dia sama hal macem gitu. Alhasil M-on cuman bengong, naik turun tangga, potret IPB dari berbagai sisi, maen engkle’ *walau pada akhirnya harus menanggung malu gara2 diketawain sama seorang asdos “senior” yang menurut M-on ganteng…argghhh..ilang image cool gw!*Photobucket

Dan kalian tau… sistematikanya gimana? Gini nih!

Setiap calon asdos di suruh masuk satu per satu ke dalam ruangan yang isinya ada dosen sama asdos2 “senior”….pokoknya nyaris mirip kayak sidang skripsi, tapi nggak setegang itu siiiiihh…..

calon asdos yang beruntung itu akan ditanya super sebentar banget…nget..nget…. tentang personal information.

selanjutnya bakal disuruh simulasi ngajar mata kuliah yang satu ini.

terus akan ditanya-tanya abis2an sama si dosen… ampe keringat dingin membanjiri kerah baju.Photobucket kalo nggak kuat bisa mengakibatkan serangan jantung deh… he100x… lebay….

lalu setelah itu akan dikomentarin… naaaaah…. Udah gitu beres deeeeeh !

yang bikin ngeri bukan tahapan yang harus kita rasakan itu, tapi karena setiap anak yang mayoritasnya kakak kelas ini pada cerita yang aneh-aneh…
Photobucket

Ada yang dibilang monoton

Ada yang disuruh ngulang dari awal lagi gara-gara dosennya dia nggak ngerti si mahasiswa itu ngomong apa…

Ada yang lupa semua mau ngajar apa…

Ada yang dibilang salah materi….

Ada yang dicuekin 100%….(yang ngujinya pura-pura nagntuk gitu !)

Ada juga yang biasa-biasa ajah…

Lalu M-on ?Photobucket

Hua ha10000x… M-on berhasil bikin semua penguji tertawa terbahak-bahak… entah apa yang salah dengan M-on, yang pasti semua itu gara-gara M-on lebay ngisi tes kepribadian terutama bagian yang nanya gaji asdos gitu… halaaaaah sebodo amat yang penting heboh…. Tapi efek gila itu terus berlanjut sampe akhir M-on simulasi ngajar… apalagi Ibu dosennya ampe berkali kali komentar aduuuuh…kamu lucu banget siiih… ya gimana… emang M-on makhluk yang seperti itu, mau dipoles dari manapun ya itulah M-on.

Yang bikin M-on jleb…jleb..jleb abis adalah percakapan yang satu ini dengan salah satu pengujinya :

Q : Eh Marissa kamu orang Bogor ya ?

M-on : Iya…

Q : Di mana ?

M-on : Di Ciomas…

Q : Kamu SMA apa sih ?

M-on : SMA 1 Bogor…

Q : Hua ha100000x…… anak SMANSA kan pinter-pinter, saya nggak nyangka ada juga yang lucu kayak kamu hua ha10000x… saya kira anak SMANSA serius-serius gitu deh…

Huuuuaaaaaaaaa…… jadi M-on abnormal gitu diantara makhluk SMANSA Bogor lainnya… hu100000x… Photobucketsedih emang punya temen yang pinter2 terus kitanya biasa-biasa aja… tapi belum tau aja anak SMANSA juga banyak yang lebih autis daripada M-on hua ha100000x…. belum M-on ambil aja contoh acak yang sesuai he1000x….

Hal itu semua membuat M-on cukup desperado….

Udah deh…nggak mungkin gw jadi asdos… apalagi pas mama M-on denger cerita M-on…lagi-lagi… M-on diketawain terus mama malah bilang Aduh, Nak! Kapan kamu tuh nggak bocah lagi? Hu10000x…. mama yang kejam menghancurkan hati ananda he100x…

Malemnya ada sms dari temen2 angkatan 44 yang minoritas lolos seleksi tahap 3 asdos ekum… semuanya minta M-on liatin hasil seleksi tahap 3 keesokan harinya. Sialan… kalo gw optimis gw ladenin… tapi…tapi…tapi… yah sudahlah…susah bilang nggak karena nggak ada alasan yang syar’i….

KEESOKAN HARINYA…

Bener deh…kertas putih yang tulisannya cuman dikit udah nempel di mading departemen ilmu ekonomi…

Isinya…

Ada 2 tabel….

Tabel yang kesatu isinya cuman daftar nama 5 orang yang kepilih sebagai asisten dosen ekonomi utama yang mulai ngajar di semester ini…

Tabel kedua isinya agak banyakan…8 orang yang kepilih sebagai asisten cadangan yang baru boleh ngajar di semester ganjil yang akan dating (jadi nunggu dulu 6 bulan dengan sabar kalo mau jadi asdos ekum).

Sebagai orang yang udah desperado duluan M-on liat tabel yang bawah dulu dong… huuuuaaaa jiper deeeh… angkatan 44 (mungkin di Universitas kalian angkatan 2007) yang keterima jadi cadangan aja cuman 3 orang… baca baik-baik ya TIGA ORANG… dua orang diantaranya temen sekelas M-on yang udah nge-sms M-on malam sebelumnya satu lagi…nggak tau ah belum kenal soalnya beda departemen.

Gila aja niiiiih….. cadangan aja yang jatahnya 8 orang M-on nggak masuk, apalagi tabel pertama yang isinya cuman lima orang…

Ya Allah…tabahkan hamba-Mu ini….Photobucket

Liat tabel pertama…

Terus telusuri…. Loh kok… ada H14070052… tunggu…tunggu…M-on kenal NRP ini… huuuuuaaaaa MARISSA MALAHAYATI…. Ya Allah… M-on udah mulai ngajar semester genap ini….Photobucket

Gimana nggak kaget…dari 5 orang ini cuman M-on yang angkatan 44 yang lainnya angkatan 43… huuuuaaaaaaa…. Kepala M-on pasti kebentur keras saat itu…

M-on loncat-loncat…heboh…. Terus gila deeeh pokoknya…

Dan surpriseeeeeeeee….

Di belakang M-on dosen-dosen departemen ilmu ekonomi lagi rame ngumpul, baru pada beres ishoma dari rapat soalnya…

Yaaaaaa….. pada mesem-mesem sudah para dosen-dosen M-on yang sempet memergoki kegilaan M-on…

Image M-on sebagai mahasiswa patuh, pendiam, dan sering tidur pas kuliah hilang sudah…. Yaaaaaaaaaaaah…ketahuan deeeeeeeeeeh he1000000000x…..

Terimakasih Ya Allah…. ^^ akan hamba jalani amanah ini sebaik mungkin… insya Allah!
Photobucket

Comments

Aku ingin jadi asdos……!
Aku untuk Ekonomiku…. Aku untuk Bangsaku…. (Terinspirasi dari kuliah Makroekonomi 2)

Comments

  1. celamat ya bua asdos, …. makan-makannya kapan …. he he he he

  2. heheee…congratulation coz udah jadi asdos… ^_^
    Smoga, yg di ajarin makin pinter,,,,

  3. Nah… selamat deh… cita2nya kan akhirnya kesampaian juga. Moga semakin mantap dan terus maju

  4. waa.. aku baru menemukan blog m-on ini! akhirnya.. hoho.
    ini rupanya cerita tentang jadi asdosnya, cie2..

    smangat bu!!

  5. ciehhhh, selamat udah jadi asdos mba. nanti aku ajari private donk hehe biar aku jadi anak pinter ..

  6. hai hai hai kak monnn.., huuuu ckarang udah jadi asdos jadi smbng nih… g penah menyapa lagi….wkwk..:D.

    eh., blognya ckarang makin keren aja nech..D

  7. makasih kunjunganya ke blog saya mbak as dos:)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: